Interaksi manusia dan komputer
(bahasa
Inggris: human–computer interaction, HCI)
adalah disiplin ilmu yang
mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang
meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka
penggunakomputer agar mudah digunakan oleh manusia. Ilmu ini berusaha
menemukan cara yang paling efisien untuk merancangpesan elektronik. Sedangkan
interaksi manusia dan komputer sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan
kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang
keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melalui
sebuah antarmuka untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan. Sistem
harus sesuai dengan kebutuhan manusia dan dirancang berorientasi kepada manusia
sebagai pemakai.
Sub Bidang Studi Interaksi Manusia Dengan Komputer
Ada tiga sub-bidang studi yang berhubungan dengan
interaksi dengan komputer :
1. Ergonomi dimana
interaksi manusia-komputer berkaitan dengan bentuk fisik dari mesin.
2. Faktor manusia berkaitan dengan
masalah- masalah psikologis.
3. Interaksi manusia dan
komputer mengkaji bagaimana hubungan-hubungan yang terjadi antar ilmu komputer
desain terkait dengan manusia dengan komputer.
Beberapa aspek yang menjadi fokus dalam perancangan
sebuah antarmuka :
1. Metodologi dan
proses yang digunakan dalam perancangan sebuah antarmuka.
2. Metode implementasi
antarmuka.
3. Metode evaluasi dan
perbandingan antarmuka.
4. Pengembangan antarmuka
baru.
5. Mengembangkan sebuah
deskripsi dan prediksi atau teori dari sebuah antarmuka baru.
CONTOH :
dalam interaksi manusia dengan komputer terdapat
beberapa panca indera digunakan untuk dapat berinteraksi----: Manusia
mewujudkan fisiologi yang
diperlukan untuk menyerap informasi dalam bentuk suara. Sama seperti mata
dapat melihat berbagai variasi cahaya - rona, briteness, kontras - telinga mampu penginderaan array yang
luas dari suara melalui perubahan timbre, kenyaringan, dan pitch. Pikiran kemudian
dapat mengasosiasikan suara ini dengan peristiwa, objek, atau gagasan abstrak. Paling
sering, suara-sebagai-informasi ada sebagai pidato atau musik, dan memang ini
akan terus di Internet. Audio konten juga umumnya
dihasilkan oleh mesin untuk menyampaikan informasi, dan penggunaan ini juga
akan terus di Internet.
Contoh: Dalam sebuah rumah
sakit, suara Mengenal dari elektrokardiograf (EKG)
berbunyi 'bip' dalam irama ke jantung. wanita di sebuah sudut jalan,
telegraf memancarkan klik merata-spasi dalam kode Morse. Semua
ini adalah contoh menampilkan pendengaran, suara yang dibuat oleh sebuah mesin
dalam rangka berhubungan informasi. Di zaman ketika bahasa telah menjadi
bentuk komunikasi dominan, suara
memainkan peran penting dalam hidup kita.
8 Aturan Emas Desain Antarmuka
Upayakan untuk konsistensi.
·
urutan tindakan yang konsisten harus diminta dalam situasi yang mirip.
·
warna yang konsisten, tata letak, kapitalisasi,
font, dan sebagainya harus digunakan seluruhnya.
Memungkinkan pengguna sering untuk menggunakan jalan
pintas
·
untuk meningkatkan laju singkatan menggunakan interaksi, tombol khusus,
perintah tersembunyi, dan makro.
·
Penawaran informatif umpan
balik
·
untuk setiap tindakan pengguna, sistem harus merespon dalam beberapa cara
(dalam desain web, hal ini dapat dicapai dengan DHTML - misalnya,
tombol akan membuat suara klik atau mengubah warna saat diklik untuk
menampilkan sesuatu yang pengguna telah terjadi).
Desain dialog untuk menghasilkan penutupan.
·
Urutan tindakan harus diatur ke dalam kelompok dengan awal, tengah, dan
akhir. Umpan balik yang informatif pada penyelesaian sekelompok pengguna
tindakan menunjukkan aktivitas mereka telah selesai dengan sukses.
Penawaran kesalahan pencegahan dan penanganan
kesalahan sederhana.
·
desain bentuk sehingga pengguna tidak dapat membuat kesalahan serius,
misalnya, lebih memilih pilihan menu untuk membentuk mengisi dan tidak
mengizinkan karakter abjad di bidang entri numerik.
·
jika pengguna melakukan kesalahan, instruksi harus ditulis untuk mendeteksi
kesalahan dan menawarkan instruksi sederhana, konstruktif, dan khusus untuk
pemulihan.
·
segmen panjang formulir dan mengirimkan bagian terpisah, sehingga pengguna
tidak dikenakan sanksi karena harus mengisi formulir lagi - tapi pastikan Anda
menginformasikan kepada user bahwa beberapa bagian yang datang
·
Izin tindakan pemulihan.
Dukungan internal lokus kontrol
·
Pengguna yang berpengalaman ingin bertanggung jawab. Mengejutkan
sistem tindakan, urutan membosankan data, ketidakmampuan untuk memasukan atau
kesulitan dalam mendapatkan informasi yang diperlukan, dan ketidakmampuan untuk
menghasilkan tindakan yang diinginkan semua membangun kecemasan dan
ketidakpuasan.
Kurangi beban memori jangka pendek.
·
Sebuah studi menunjukkan bahwa manusia terkenal dapat menyimpan hanya 7
buah (plus atau minus 2) informasi dalam memori jangka pendek mereka.
·
Anda dapat mengurangi beban memori jangka pendek dengan merancang layar di
mana pilihan yang jelas terlihat, atau menggunakan pull-down menu dan ikon.
Media antarmuka manusia dan komputer
·
Media Tekstual
Adalah ”bentuk sederhana dialog atau
komunikasi antara manusia dan komputer yang hanya berisi teks dan kurang
menarik”. Salah satu contoh antarmuka manusia dan komputer berbentuk teks yang
menggunakan bahasa pemrograman PASCAL adalah readln dan writeln.
·
Media GUI (Graphical User Interface)
Adalah ”bentuk dialog atau komunikasi
antara manusia dan komputer yang berbentuk grafis dan sangat atraktif”. Contoh
antarmuka manusia dan komputer yang berbentuk grafis menggunakan pemrograman visual (Visual Basic, Visual Foxpro, Delphi dan
lain-lain).
Tujuan interaksi manusia dengan komputer
·
Tujuan utama disusunnya berbagai cara interaksi manusia &
komputer :
untuk mempermudah manusia dalam
mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang ia perlukan
selama ia bekerja pada sebuah sistem komputer. Para perancang antarmuka manusia
dan komputer berharap agar sistem komputer yang dirancangnya dapat bersifat
akrab dan ramah dengan penggunanya (user friendly).
Sebagai contoh, misalnya sebuah komputer
lengkap dipasang pada sebuah tempat yang tidak nyaman bagi seorang pengguna
yang menggunakan. Atau keyboard yang digunakan pada komputer tersebut
tombol-tombolnya keras sehingga susah untuk mengetik sesuatu.
0 comments:
Post a Comment